Rasisme di Swedia Meningkat

Foto : Bendera Swedia (italkfrank)
Foto : Bendera Swedia (italkfrank)
STOCKHOLM - Badan Pengacara HAM dan demokrasi melaporkan, perlakuan rasis terhadap Yahudi dan juga Muslim meningkat di negara Balkan, Swedia.

Jumlah situs-situs internet yang berbau rasis dan berbasis di Swedia dinyatakan meningkat dua kali lipat semenjak 2009 lalu. Situs-situs tersebut dikelola oleh kelompok ekstrem kanan yang menyebarkan propaganda anti-semit dan Islamofobia (takut akan Islam). Demikian seperti diberitakan UPI, Jumat (2/9/2011).

laporan dari Living History Forum menunjukkan sebuah data statistik akan tingkat kejahatan rasis di Swedia. Sebanyakan 161 tindakan anti-semit dan 272 kejahatan anti Islam terjadi di Swedia. Diprediksikan pula tingkat kejahatan akan semakin meningkat di negara tersebut. 

Studi pun akan dilakukan oleh Pemerintah Swedia untuk meningkatkan pemahaman mereka tentang penyakit rasisme di Swedia.

Belakangan ini muncul pula kasus pembantaian rasis di Norwegia yang dilakukan oleh Anders Behring Breivik. Pembantai adalah seorang yang merupakan ekstrim kanan anti Islam. Breivik bahkan membenarkan perlakuannya dengan menyatakan, dirinya adalah penyelamat Eropa.

Meningkatnya perlakuan rasis di negara-negara Balkan tidak memungkiri adanya kejadian serupa seperti apa yang terjadi di Norwegia.

0 komentar:

Posting Komentar

You can replace this text by going to "Layout" and then "Page Elements" section. Edit " About "